Pembelajaran Semester 5

(Tulisan ini diinspirasi dari AHNA)

Bismillahirrahmanirrahim… Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang…

Hari ini (21/01/2011) aku pengen curhat 2 hal ya Alloh (karena sebaik-baiknya tempat curhat adalah Engkau). Pertama adalah curhat yang menurutku KURANG BAIK :

Jujur, semester terberat yang pernah aku jalani adalah semester 5 ini. SKS gede-gede. Jadi kalo bagus ya syukur, kalo jeblok ya wassalam (tapi juga musti bersyukur).

Sebenernya legowo, ikhlas nerima keadaan n mencoba ngambil hikmah dari ini semua. Tapi herannya, kalo liat FB malah bikin sakit hati, Ya Alloh. Banyak temen2 yang lebih “bisa” berjuang ketimbang aku. Kesannya tegar, padahal meratapi nasib alias pasrah (halah..). Bener2 banyak banget pelajaran yang aku ambil dari semester ini. Semoga bisa jadi pembelajaran di semester depan dan lebih ati2 lagi.

1.   Terlalu banyak amanah

Bukan menyesal dikasih amanah, tapi ya memang ternyata kemampuanku segitu. Multitasking yang aku lakuin berkali2 ternyata ya cuman sampe segini aja. Di Kesma, ya segitu aja alias sekedar rutinitas rapat. Grader MBD, keteteran sama tugas kuliah jadi sering nunda ngoreksi tugas 58 mhs. Asprak Alpro1, LP mesti yang paling terakhir ngupdate nilai. Pimpro RBPL lebih parah lagi. Cuman bisa dapet nilai sampe B (ckckck.. pimpro apa aku ini T.T). Proyek, masih awang2 nunggu penutupan (launching).

Tapi aku sadar, dengan gini aku semester depan bisa ngukur kemampuanku sampe mana. Dan tanggungjawabku otomatis nambah, yaitu gimana caranya semester depan bisa LEBIH BAIK dari semester ini.

Best Quote : “Orang yang amanah bukan diukur dari banyak atau tidaknya amanah yang dikasih. Tetapi setidaknya dari banyak amanah itu kita belajar menjadi insan yang lebih bertanggungjawab dalam menjaga amanah yang diberikan”.

2.    Sering nunda pekerjaan

Ini juga yang nyebabin aku keteteran di semester 5. Suka nunda amanah. Padahal sama sekali ndak ada niatan buat menyepelekan, tapi emang aku yang susah memanajemen aktivitasku sendiri. Mana yang diprioritaskan, mana yang masih bisa ditunda, juga sering rancu.

Setiap orang punya waktu yang sama, 24jam dalam sehari. Tetapi dengan amanah banyak, BUKAN berarti menjadi alasan untuk menunda amanah yang lain. Sekali lagi, manajemen PRIORITAS itu penting! Semoga semester depan ndak akan terulang lagi.

Best Quote : “Selesaikan pekerjaan satu, barulah menyelesaikan amanah yang lain.”

 

Kedua, adalah curhatku yang BAIK (sebagai obat curhatan yang pertama) :

Setelah mencoba meratapi nasib tadi, tiba2 HP berdering ada telpon dari orang jurusan. “Ren, aku ono perlu iki, kowe nang kampus ae ya..” (tau kan logat sapa tuh??). Tanpa pikir panjang, jam 2an langsung cabut ke kampus. Kirain karena janjian awal, ternyata beda lagi. Ya Alloh, tak disangka, kesedihanku berhari-hari bisa dihapus setelah bicara dengan beliau di ruangannya.

“Tolong dibuatkan proposal untuk penelitianku.” Spontan, Alhamdulillah, ada yang nawari kerjaan lagi. Dikala proyek abis, butuh duit, beasiswa ketinggalan deadline, dll, ternyata rezeki dateng lagi. Sekarang saatnya mencoba memperbaiki amanah yang sempat keteteran di semester 5, dan insyaAlloh ndak akan terulang lagi.

Best Quote : “Yakinlah, kalo Alloh selalu menyiapkan hadiah lain untuk orang2 yang selalu bersyukur”.

Debugging dan Kustomisasi

Yang dimaksud dengan Debugging adalah suatu proses untuk menguji aplikasi anda untuk mengetahui dimana error-nya. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membuka Help pada Netbeans. Disitu telah dijelaskan secara detil seputar debugging.

Debugging sebetulnya ada banyak macam. Dan yang sudah disediakan oleh NetBeans sendiri (default) disebut dengan Java Platform Debugger Architecture (JPDA).  Selebihnya dapat diamati pada tombol Help yang siap memandu anda.

Untuk debugging yang kompatibel dengan NetBeans antara lain : Java Application (sebagai default), Applet (ketika bekerja di applet), JDK 1.1 dan sebelum-sebelumnya, RMI (pada RMI applications), dan J2EE server (pada integrasi J2EE applications).

Sedangkan untuk kustomisasi dalam mempermudah penggunaan debugging, dapat dilakukan dengan mengonfigurasi beberapa kustomisasi area berikut ini :

–          Setup wizard

–          Toolbars

–          Menus

–          Editors

–          Modules

Namun untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat pada ebook Netbeans The Definitive Guide halaman : 82.

Info Beasiswa The Paiton Energy IYLSP 2010

Harap dibaca terlebih dahulu :

  1. Untuk pengumpulan di Kesma HMSI adalah tanggal 20 Agustus 2010, bukan 27 Agustus 2010. Karena Surat rekomendasi dari Dosen Pengajar lainnya dan Surat keterangan aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan harus inden terlebih dahulu.
  2. Untuk Surat rekomendasi dari Dosen Wali / Pembimbing akademik minta ke masing-masing dosen walinya. Sedangkan Surat pernyataan tidak sedang dan tidak akan menerima beasiswa lain dibuat sendiri, tidak ada template apapun.

Download linknya bisa klik disini

Terima kasih atas perhatiannya…

– salam Kesma HMSI 2010/2011 –

SECUIL HARAPAN DARI SEORANG MAHASISWA UNTUK BANGSA TERCINTA

Assalamu’alaikum wr. wb…

Tulisan ini cuma berisi tentang curhatan yang merupakan harapan masa depan seorang mahasiswi ITS angkatan 2008, tapi udah “ngidam” kerja dan punya penghasilan sendiri. Hmm, mungkin bisa langsung aku jelasin satu persatu.

Yang pertama, aku pengen bekerja dengan penghasilan yang lumayan (kalo bisa di atas 3 juta, hehee..). Nantinya uang itu (kalo aku belum menikah) aku pake buat nabung biaya nikah, biaya haji ortu, dan untuk pendidikan wajib belajar anak (SD – SMU). Misal untuk sumbangan pembangunan sekolah rusak di desa-desa terpencil di Sidoarjo. Ya walopun (mungkin) nilainya nggak banyak, tapi kan udah ada usaha, dari pada kayak orang yang udah “duduk di posisi enak”, pasti udah banyak yang lupa sama wong cilik. Ini bukan omong kosong, tapi realitanya yang diberitakan di televisi, koran, bahkan demo aja juga nggak di dengerin.

Kedua, pengen banget membenahi salah satu sistem pendidikan yang ada di Sidoarjo. Karena aku warga Sidoarjo, maka aku juga berkewajiban memikirkan nasib kota ini ke depannya. Mungkin kalo aku dikasih amanah warga Sidoarjo untuk memimpin, aku bakal mengubah nama sekolah (SMP & SMA) yang belakangnya beda-beda. Perbedaan itu sekilas mungkin nggak berarti, tapi buatku berarti banget. Aku pernah punya pengalaman yang kurang enak nih. Dulu waktu aku masih jadi siswi di SMPN 3 Taman, mengikuti lomba Portofolio se-Kab. Sidoarjo. Karena nggak ngerti mekanisme seleksinya (kan masih cupu), ya aku nurut aja. Jadi, setelah aku presentasikan portofolio timku, ternyata keputusan juri, kita kalah dengan SMPN 2 Taman. Nah, yang bikin aku kaget, SMP 2 Taman itu masih di adu dengan SMPN 1 Taman. Seakan-akan seleksinya itu dari kecamatan Taman diambil pemenangnya, trus baru diadu sama yang sekolah yang nama belakangnya “Sidoarjo”. Seleksi yang bener2 aneh dan (mungkin) diskriminasi. Harusnya kan semua sekolah di kab. Sidoarjo melakukan undian, baru tau siapa lawannya. Seandainya semua sekolah di Sidoarjo diberi nama belakang yang sama “Sidoarjo”, insya Alloh diskriminasi itu bisa dihilangkan. Seperti halnya dengan sekolahan di Surabaya, Jakarta, dan kota-kota lain yang namanya disamakan. Tidak akan ada lagi, SMPN 3 Taman, SMPN 1 Waru, dan sebagainya.

Ketiga, aku pengen keliling semua desa yang ada di Sidoarjo. Bukan apa-apa, karena rumahku deket banget sama Surabaya (mungkin jaraknya sekitar 3 km), sehingga kurang ngerti daerah-daerah yang ada di Sidoarjo. Walopun aku bukan siapa-siapa, aku juga pengen tau, orang-orang yang turut memajukan kabupaten ini siapa aja (kan Sidoarjo terkenal kota industrinya). Ya mungkin kalo aku ada duit lebih, bisa aja aku nyumbang dikit buat mereka lah. Hehee… Setelah keliling Sidoarjo, insya Alloh aku teruskan ke Surabaya (tetangga sebelah). Kalo udah selesai, ya mungkin bisa aku lanjutin keliling Jawa Timur. Amiiin…

Dan harapanku yang terakhir, kalo Alloh mengijinkan, aku pengen banget sekolah setinggi-tingginya dengan beasiswa yang ada. Kalo bisa ke luar negeri, ya Alhamdulillah. Tapi kuliah di Indonesiapun juga nggak kalah bagusnya kok. Seandainya udah ada beasiswa kuliah S2, S3, dst, aku juga pengen nyambi ngajar di sekolah-sekolah yang membutuhkan tenagaku.

Sebenarnya, jika pemerintah memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa, banyak harapan yang bisa mereka sampaikan. Nggak cuma yang aku sebutin aja. Tapi sementara ini, prioritas yang ingin aku lakukan ya 4 hal tadi. Namun apa daya dengan uang saku yang masih terbilang pas-pasan untuk mahasiswa semester 5 ini, jadi masih menunggu waktu yang tepat aja.

Ayoo semangat para mahasiswa. Jangan jadi rakyat yang useless (nggak berguna), yang nggak mau mikir nasib bangsa ke depan. Tapi juga jangan jadi rakyat yang selalu korupsi seperti yang dilakukan orang-orang di pemerintahan sekarang. Kalo kamu kecewa dengan kinerja mereka, ya kita-kita ini yang bisa benahin sistemnya yang kacau!!! Semisal Pak Bupati membaca, tulisan ini murni dari dalam hati nurani saya yang sudah amat sangat sedih sekali melihat perkembangan pendidikan yang ada di Sidoarjo maupun Indonesia. Mungkin dapat dijadikan referensi ke depannya saja.

Wassalamu’alaikum wr. wb…

BANYAK HAL DALAM MENYIKAPI BULAN SUCI RAMADHAN

~ ~ ~ bismillahirrahmanirrahim ~ ~ ~

Marhaban Ya Ramadhan.. Dibulan inilah umat Islam begitu amat sangat antusias menyambut datangnya bulan penuh rahmat, ampunan, dan segala keajaiban Alloh.

1.   Peduli Sesama

Alloh SWT sudah menjelaskan dalam QS. An-Nisa : 36, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan.” So, hablumminalloh wa hablumminannas (mencintai Alloh dan menyayangi sesama). Sebaik-baik manusia adalah yang berguna buat orang lain.

Kepedulian itu misalkan berupa memberi ta’jil pada pengemis, anak jalanan, tetangga, anak yatim, dll. Tidak perlu mahal, asalkan ikhlas… =)

2.   Menyegerakan Kewajiban (terutama wanita!)

Buat kaum Hawa nih terutama, kalo masa menstruasi/haid udah selese, ya segera menyucikan diri. Kalo selesenya jam setengah 2 siang, ya langsung mandi junub/mandi besar, trus sholat. Seringnya, kalo udah selese jam segitu, mesti mandinya Ashar, bahkan Maghrib! (dulu aku juga pernah kayak gitu.. astaghfirloh). Jadi ndak usah ditunda-tunda. Kalo keluar lagi, ya keramas lagi. Gitu aja kok repot! Masa’ eman2 shampo? Kalo abis kan bisa beli lagi?!!

Bayangkan kalo kita misalkan meninggal jam 5 sore dalam keadaan belum suci, utang 2 waktu sholat fardlu, bu’! Nanti pasti Alloh akan minta pertanggungjawaban kita…

Begitu juga buat kaum Adam. Nggak menutup mata sih, kalo mereka juga pernah ndak bisa nge-rem syahwat. Urusan batal atau nggak, mungkin yang lebih paham ya kalian sendiri. hehee…

3.   Menjaga Sikap

Ndak banyak yang bisa dijelasin untuk poin ini. Mungkin kita cuma bisa berlaku ramah, baik, dan santun kepada siapapun. Mungkin aku cuma menekankan bagian yang lazim, yaitu tertawa. Mungkin kalian sering denger yah, kalo tertawa itu bikin wajah awet muda dan sebagainya. Ya aku ndak memungkiri juga. Yang aku soroti lebih ke adabnya tertawa aja. Ndak pas puasaan aja, tapi mungkin bisa diawali di bulan yang suci ini gitu lhooo…

Firman Alloh SWT (QS. At-Taubah : 82), “Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan.”

Coba kalian suatu ketika berpikir sebelum tertawa (ini udah pernah aku coba), pas liat acara tipi yang humor, pasti kalian tertawa kan?? Bahkan ada yang ndak sadar kalo dia tertawanya lepas banget. Weww.. bahaya tuh! Nah, secara nggak langsung, kalian sudah melupakan Alloh gara2 kenikmatan tertawa itu. Agak susah menyadari untuk hal-hal sepele kayak gitu.

4.   Berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat)

Sesuai dengan firman Alloh SWT (QS. Al baqarah : 148) yang berbunyi, “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Jadi ndak usah bingung, di ayat itu udah jelas banget anjuran Alloh kepada hamba-Nya. Kebaikan datangnya dari suara hati kalian (yang merupakan Asma’ul husna), sedangkan kemungkaran bersumber dari Syaitan yang terkutuk.

5.   Saling bermaaf-maafan

Oke, kita mencoba flashback apa yang udah kita perbuat selama 1 tahun ini. Ada kisah Rasulullah SAW dan para sahabatnya (petikan dari ESQ juga..hehehe). Harap disimak baik-baik ya, karena ada hikmah dibalik cerita ini.

Suatu ketika, Rasulullah SAW dan para sahabat sedang menyusuri gurun pasir. Setelah itu Rasulullah meminta tolong kepada para sahabat itu, “Wahai para sahabatku, tolong ambilkan beberapa kayu bakar di sebelah sana.” Nah, para sahabat wajar kalo bingung. Kan kita tau sendiri (maksudnya pas liat di tipi), kalo namanya aja gurun pasir, otomatis ya cuma pasir aja yang ada disana. Lalu para sahabat segera mencari kayu bakar sesuai permintaan Rasulullah. Dengan melihat-lihat yang ada di sekitar mereka, tidak ada satupun ada kayu bakar yang tampak. Kemudian salah satu sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, di sebelah mana ada kayu bakar? Sejauh kami memandang, tidak ada satupun kayu bakar di sekitar sini.” Tetapi Rasulullah tetap mengulangi permintaan tersebut hingga 3 kali. Dan para sahabat juga sebanyak 3 kali berkeliling di sekitar gurun tempat mereka beristirahat. Tidak ada satupun kayu bakar yang bisa ditemukan. “Ya Rasulullah, di sekitar kita tidak ada kayu bakar. Mungkin engkau bisa menunjukkan dimana tempatnya.” Perlahan Rasulullah mendekat dan menatap baik-baik para sahabatnya sambil tersenyum dan bersabda, “Seperti itulah dosa kita, terkadang tak tampak oleh mata, namun kita terus meraba-raba kesalahan yang sudah kita perbuat.” (kurang lebih ceritanya kayak gitu.. kalo ada yang kurang, ya mohon dimaafkan dan dibetulkan…)

Nah, dari kisah teladan diatas mungkin kalo menurut penafsiranku, kalopun ada kesalahan yang tidak kita sengaja (misal, ngrasani / ghibah), monggo langsung minta maaf dengan yang bersangkutan, bisa bapak-ibu, sodara, tetangga, atau yang lainnya. Toh minta maaf ndak mbayar, malah dapat pahala. Orang yang pemaaf itu salah satu karakteristik hamba Alloh yang bertaqwa.

Masih banyak hal-hal sederhana yang perlu kita kritisi. Misal, penulisan Allah. Mungkin bagi umat Islam udah ngerti mbacanya, tapi bagi orang lain? Belum tentu! Ada yang membacanya keliru (baca: Alah, bukan Alloh) dan sebagainya. Jadi sebaiknya menulisnya langsung pake “o” aja, Alloh SWT. Ndak nyangka banget kan?? Astaghfirlahal ‘adzim…

Sebagai penutup adalah firman Alloh SWT dalam QS. Al Baqarah : 201, “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” Doa tersebut adalah sebaik-baiknya doa bagi seorang Muslim.

Ndak ada yang tau umur kita sampe berapa, dimana kita meninggal, dll. Jadi note ini sama sekali ndak ada niatan untuk menggurui, menyinggung, bahkan menjelekkan seseorang. Akupun juga masih belajar dari hal-hal yang aku tulis tadi. Bukankah tugas sesama muslim yaitu harus saling mengingatkan??

=)

Wassalamu’alaikum wr. wb…

Beasiswa BCA Finance 2010 Untuk Mahasiswa S1

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 dan disertai dengan motivasi kuat untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, BCA Finance kembali menawarkan program beasiswa kuliah bagi mahasiswa program s1 selama kuliah (maksimal 8 semester). Pada tahun lalu, BCA Finance telah memberikan beasiswa penuh bagi 20 mahasiswa s1 berprestasi. Tahun 2010 ini, BCA Finance akan menyalurkan beasiswa kuliah untuk 35 mahasiswa berprestasi yang kurang mampu dalam ekonomi. Program beasiswa ini dinamakan “Beasiswa BCA Finance 2010“.

Tiga puluh lima mahasiswa yang akan menerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan SPP maksimal Rp 1.000.000 ditambah uang saku sebesar Rp 1.000.000 per semester sejak dinyatakan sebagai penerima beasiswa kuliah BCA Finance sampai dengan maksimal semester 8. Mahasiswa yang bisa mengikuti program beasiswa ini adalah mahasiswa yang telah menempuh semester 2 (mahasiswa tingkat 2).

Persyaratan lengkap dan dokumen yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa antara lain:

  • Mahasiswa/i program S1 yang telah menempuh semester 2
  • Mengisi formulir beasiswa
  • IPK minimal 3,00 dengan melampirkan transkrip nilai terakhir
  • Melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Institusi yang berwenang  pada daerah sesuai KTP mahasiswa berasal
  • Melampirkan fotokopi KTP dan kartu tanda mahasiswa
  • dua lembar pas foto berwarna ukuran 4×6
  • Melampirkan surat keterangan dari kampus dengan menerangkan besarnya biaya SPP atau biaya mata kuliah per SKS
  • Melampirkan nama perguruan tinggi berserta kota pada sudut kiri atas amplop
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari mana pun

Dokumen yang diperlukan tersebut harus dikirimkan via pos ke alamat:
PT BCA Finance
Up. Corporate Planning
Wisma BCA Pondok Indah Lt. 8
Jl. Metro Pondok Indah No. 10
Jakarta 12310

Paling lambat 24 September 2010 (Cap pos)

Daftar nama penerima beasiswa akan kami umumkan pada tanggal 22 Oktober 2010 melalui Website BCA Finance : http://www.bcafinance.co.id

Penerima beasiswa terpilih akan diundang ke Kantor Pusat BCA Finance di Jakarta selama dua hari untuk mengikuti acara “Meet & Greet” berupa ramah tamah dengan pihak Manajemen BCAF, tour de office, dan konferensi pers. Biaya transportasi dan akomodasi sepenuhnya ditanggung oleh BCA Finance.

Keputusan hasil penerima beasiswa adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Proses penyaringan akhir dilaksanakan oleh tim seleksi BCA Finance.

Batas akhir penerimaan berkas aplikasi beasiswa: 24 September 2010
download formulir beasiswa BCA Finance 2010

Renungkan ini Kawan…

7 Perkara Ganjil

Terdapat seorang pemuda yang kerjanya menggali kubur dan mencuri kain kafan untuk dijual. Pada suatu hari, pemuda tersebut berjumpa dengan seorang ahli ibadah untuk menyatakan kekesalannya dan keinginan untuk bertaubat kepada Allah s. w. t. Dia berkata, “Sepanjang aku menggali kubur untuk mencuri kain kafan, aku telah melihat 7 perkara ganjil yang menimpa mayat-mayat tersebut. Lantaran aku merasa sangat insaf atas perbuatanku yang sangat keji itu dan ingin sekali bertaubat.”

Read the rest of this entry »

tidak ada salahnya dibaca…

masa’ sih,,kalau dunia kerja begitu sensi dengan jilbab? karena, ada salah seorang wanita yg bercerita kepada seorang ustadz, begini :
wanita : saya sudah tidak sanggup lagi memakai jilbab ini. karena hanya gara-gara jilbab ini, kemanapun saya melamar pekerjaan, tidak ada perusahaan yg bersedia menerima saya. apakah saya sudah salah langkah?
ustadz : astaghfirullahal’adzim.. tidakkah kau berpikir bahwa jilbab itu merupakan keharusan bagi kaum hawa sepertimu?
wanita : saya tau ustadz, tapi kalau saya pakai jilbab terus, saya tidak akan dapat kerja. otomatis saya juga tidak akan pernah punya uang.
ustadz : dalam QS. Al-Ahzab : 59 sudah diatur bagaimana kaum wanita dalam berpakaian, khususnya memakai jilbab. namun, musibah yg menimpamu itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jilbab. karena yg mendatangkan rizki maupun pekerjaan itu adalah Allah semata.
wanita : astaghfirullahal’adzim, ampun ya Allah..

cerita itu bener-bener buat aku terenyuh. secara gitu, aku juga wanita berjilbab.  tapi sekarang aku sudah tidak kuatir lagi. kan ada Allah yg selalu men-support aku. aku yakin Allah tidak tidur.
bagi yg masih ragu, segera mantapkan iman dan taqwanya. jangan sampai menyesal seperti wanita tadi..

..,,keiSengaNku,,..

Assalamu’alaikum Wr..Wb..

Kalo ada yang tanya gini: “Kamu itu tipe orang yang kaya’ gimana sih??”
Nah,,udah pasti aku bingung jawabnya.. Cuz aku emang tipe orang yang membingungkan.. Tapi satu yang perlu kamu tau,,kalo aku ini “pembohong” (eiitts,,jangan negative thinking dulu!).. Maksud aku pembohong itu,,aku sering ngeliatin gaya ceriaku ke orang lain lewat lelucon-lelucon (padahal gak lucu),,sejuta polah,,sampe kadang-kadang juga kebablasan gitu.. Tapi itu semua benernya CUMA buat nutupin rasa kesepian dan stressku..

Hmm,,oke,,skip dulu lah…

Aku lanjutin lagi pertanyaan di atas.. Benernya aku tuh orang yang pendiem (gak bo’ong nih! Serius!!),,humoris,,menghabiskan waktu 70% buat guyon dan 30% serius (sampe aku berjuang mati-matian Lillahi ta’ala buat ngubah itu jadi kebalikannya!),,peSimisan..
Mungkin itu dulu ajja sesi curhat kali ini.. Insya Allah kalo aku masih dikasi umur ma Allah,,pasti aku bakal posting artikel-artikel gak penting lagi..

Oia,,bagi yang nggak terima sama tulisanku,,bisa ngritik dan ngasi saran (tentunya buat ngubah aku jadi lebih baik)..

Makasiiiihh….
Wassalamu’alaikum Wr..Wb..

Apa aja Bedanya Jurusan SI dengan Jurusan Komputer yang Lainnya??

Pertama-tama, saya akan menjelaskan disiplin ilmu beberapa jurusan yang berhubungan dengan ilmu komputer dijenjang perkuliahan menurut Computing Curricula (acuan yang dipakai oleh institusi pendidikan komputer seluruh dunia).
1.Computer Engineering (CE)
mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antarbagian tersebut.
2.Computer Science (CS)
mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.
3.Information Systems (IS)
mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.
4.Information Technology (IT)
mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.
5.Software Engineering (SE)
mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna.

Computer Science untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer, Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika, sedangkan Software Engineering dan Information Technology, di Indonesia dianggap bukan merupakan program studi (jurusan) karena masih bisa masuk salah satu bagian dari Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

Walaupun kelima jurusan tersebut hampir memiliki kesamaan mata kuliah, tetapi tetap saja terdapat beberapa perbedaan, yaitu jalur karier dan bidang kerja lulusan.
Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:
1.Computer Engineering (CE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware
2.Computer Science (CS) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
3.Information System (IS) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi
4.Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.
5.Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

« Older entries